Sukses

Jangan Salah, Manusia Juga Butuh Stres

Tak selamanya stres itu negatif

Liputan6.com, Jakarta Tak semua stres itu negatif. Tanpa stres, seseorang juga tidak akan memiliki motivasi untuk melanjutkan hidupnya. Sayangnya, seseorang cenderung menilai stres itu negatif.

Begitu disampaikan dr. Safyuni Naswati, Sp KJ dari RS Soeharto Heerdjan saat menyambangi kantor Redaksi Liputan6.com, Jumat (27/11/2015).

"Stres itu sebenarnya tekanan atau reaksi seseorang baik secara jasmani maupun kejiwaan atau perilaku apabila ada tubtutan terhadap dirinya. Tekanan itu bisa mincul dari diri sendiri dan lingkungan. Bagaimana mengatasinya? tergantung bagaimana kita beradaptasi," katanya.

Menurut Safyuni, stres positif akan membuat kita semakin matang kepribadiannya termasuk dalam beradaptasi dan mengatasi masalah. Sedangkan stres negatif kalau tidak ditangani bisa menjadi gangguan jiwa.

"Gangguan jiwa ini adalah masalah waktu. Bila dia tidak dapat beradaptasi terhadap suatu masalah atau lingkungannya maka dia akan tertekan dan memicu penderitaan berlarut-larut," ungkap dokter yang berpraktik di RS Pelni tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini