Sukses

Saat Hamil Seberapa Banyak Berat Badan Naik?

Bagi wanita yang termasuk kategori gemuk tidak disarankan naik lebih dari 10 kg.

Liputan6.com, New York- Belum lama ini bintang reality show Kim Kardashian ungkap kenaikan berat badan saat hamil anak kedua capai 26 kg. Ungkapan jujur Kim Kardashian ini pun mendapat tanggapan dari banyak wanita yang pernah hamil. Banyak yang mengatakan kenaikan berat badannya berbahaya tapi ada juga yang mengapresiasi karena pernah alami hal serupa.

Ternyata kenaikan berat badan berbeda pada setiap perempuan dan setiap kehamilan seperti diungkapkan asisten profesor obstetri dan ginekologi dari Mayo Clinic, Margaret Dow seperti dikutip laman Time, Rabu (25/11/2015).

Menurut pedoman yang dikeluarkan Institute of Medicine, perempuann yang miliki indeks massa tubuh normal akan alami kenaikan berat badan sekitar 12 - 17 kg. Sementara bagi wanita yang termasuk kategori gemuk tidak disarankan kenaikan lebih dari 10 kg.

Terlalu banyak peningkatan berat badan sebabkan masalah kesehatan pada ibu dan bayi, termasuk peningkatan risiko persalinan caesar, diabetes gestasional, dan preeklampsia. Ibu yang gemuk saat melahirkan juga tingkatkan risiko Si Kecil terkena diabetes dan obesitas di kemudian hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.