Sukses

Bukan Minum Air, Inilah 4 Cara Ampuh Atasi Kepedasan

Lidah kita punya selera rasa yang berbeda-beda, dari penyuka makanan asam, manis, asin, sampai pedas.

Liputan6.com, Jakarta - Lidah kita punya selera rasa yang berbeda-beda, dari penyuka makanan asam, manis, asin, sampai pedas. Bagi yang tidak tahan pedas, Anda pasti kewalahan karena mulut Anda seperti terbakar hingga meneteskan air mata.

Hal pertama yang kita lakukan saat kepedasan adalah banyak minum air putih. Tapi ternyata, dikutip dari indiatimes.com, pada Selasa (24/11/2015) lalu, cara ini belum efektif karena malah menyebarkan rasa pedas ke seluruh bagian mulut.

Berikut 4 cara ampuh untuk mengatasi kepedasan karena rempah-rempah dan cabai.



1. Minum susu, es krim, atau yogurt

Kapsaisin adalah salah satu bahan dalam cabai, paprika dan makanan pedas lainnya. Produk susu seperti susu segar dan yoghurt mengandung protein yang disebut kasein. Protein ini membantu menguraikan kapsaisin dan meringankan sensasi terbakar saat kepedasan. Produk susu lainnya seperti mentega, keju cottage, krim asam dan keju biasa juga dapat membantu.

2. Hisap satu sendok gula atau madu

Kapsaisin adalah minyak alami, sehingga menghisap gula batu lama-lama di lidah Anda bisa membantu mengusir rasa terbakar di mulut. Madu juga punya efek yang sama.


3. Makan roti, nasi, atau kentang

Karbohidrat dalam makanan ini mengandung zat tepung yang menciptakan sebuah penghalang antara kapsaisin dan rasa dalam mulut Anda. Karbohidrat juga menyerap beberapa kapsaisin, sehingga bisa mengurangi penderitaan kita saat kepedasan.

4. Air lemon

Jus lemon memiliki efek alkali pada tubuh Anda, dan dapat membantu menetralkan keasaman rempah-rempah yang membuat kita kepedasan. Buah lainnya seperti jeruk, anggur, tomat dan nanas juga dapat membantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini