Sukses

1 Dari 3 Orang Dewasa Sehat Terserang Diabetes Selama Hidupnya

Hampir setengah dari orang berumur 45 tahun akan terserang apa yang disebut pra-diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setengah dari orang berumur 45 tahun akan terserang apa yang disebut pra-diabetes, yaitu peningkatan kadar gula darah yang seringkali menjadi awal diabetes, menurut sebuah penelitian besar dari negeri Belanda yang menggunakan estimasi populasi.

Pra-diabetes, yang terkadang disebut gangguan metabolisme glukosa, tidak memiliki gejala yang pasti, namun menurut Asosiasi Diabetes Amerika, orang yang mempunyai kadar gula darah lebih tinggi dari normal berdasarkan suatu pemeriksaan, harus melakukan pengujian diabetes setiap satu atau dua tahun.

“Kami mengetahui hal ini dari studi sebelumnya-namun studi ini menambahkan bagaimana cara mengkomunikasikan resiko dengan lebih baik- bahwa selama hidupnya seseorang dapat terus mengembangkan resiko terserang diabetes’” ujar Dr. Kamlesh Khunti dari Leicester General Hospital di Inggris, seperti dikutip dari Huffinton Post, Selasa, 24/11/2015. 

Satu dari tiga orang dewasa yang sehat akan terserang diabetes semasa hidupnya, ujar Khunti.

Para peneliti dari Erasmus University Medical Center di Rotterdam dan Harvard School of Public Health di Boston menggunakan data jangka panjang tentang 10,000 orang dewasa di Belanda, termasuk rekam medis, surat pemulangan rumah sakit, data pengeluaran farmasi dan pengukuran gula darah selama berpuasa.

Mereka memantau orang-orang tersebut selama 15 tahun, dan mengkategorikan tingkat gula darah mereka sesuai standard WHO (World Health Organization). Kadar gula darah dari 6 millimoles/liter atau kurang dianggap normal atau sehat. Tingkat gula darah diatas 6mmol/liter dan dibawah 7mmol/liter dianggap meningkat atau pra-diabetes dan jika tingkatnya lebih dari 7mmol/liter atau lebih artinya terjangkit diabetes.

Lebih dari 15 tahun, total sejumlah 1,148 orang mengalami peningkatan kadar gula darah, 828 mengalami diabetes, dan 237 lainnya mulai menggunakan insulin untuk mengontrol diabetes mereka.

Tim studi mengartikan hasil ini ke resiko populasi pada umur 45, dan menemukan bahwa setengah jumlah orang-orang diumur tersebut akan mengalami tingkat gula darah pra-diabetes sebelum mereka meninggal, 30 persen akan mengidap diabetes penuh dan 9 persen akan mulai menggunakan insulin.

Mereka melaporkan pada The Lancet Diabetes dan Endocrinology, bahwa sekitar tiga perempat dari mereka yang mengalami peningkatan kadar gula darah pada umur 45 akan mengalami peningkatan resiko diabetes, dan setengah dari mereka sudah mengidap diabetes, dan setengah mereka sudah mengidap diabetes dan menggunakan insulin.

Indeks massa tubuh atau lingkar pinggang yang lebih tinggi memperbesar resiko ini lebih jauh. (Melodia)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini