Sukses

Terlalu Banyak Teman di Facebook Bikin Stres

Memiliki teman lebih dari 300 orang di Facebook dapat meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) pada remaja, satu penilitan baru ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki teman lebih dari 300 orang di Facebook dapat meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) pada remaja, satu penelitian baru ditemukan.

Para peneliti merekrut 88 orang respondens berusia 12 sampai 17 tahun, ditanya seberapa sering menggunakan Facebook, berapa jumlah teman di situs media sosial tersebut, bagaimana interaksi di sana, dan bagaimana reaksinya terhadap postingan teman-temannya.

Bersamaan dengan itu, peneliti pun mengumpulkan sampel kortisol dari respondens remaja tersebut. Tingkat stres diukur pada remaja dari sampel kortisol yang tidak sepenuhnya akibat dari media sosial. Tapi, tingkatan semakin bertambah ketika dikaitkan dengan penggunaaan media sosial.

"Walau hanya delapan persen pengaruhnya, tapi punya efek yang sangat besar. Jadi, mereka yang memiliki 1.000 atau 2.000 teman di Facebook dapat mengalami stres yang lebih besar," kata peneliti seperti dikutip dari situs Times of India, Jumat (20/11/2015)

Penelitian lain menunjukan, tingkat kortisol meninggi pada remaja 13 tahun, dan usia 16 tahun yang mendadak depresi sebesar 37 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini