Sukses

[SANE STEP] Apa Itu Meditasi?

Dulu ketika belum tahu benar apa itu meditasi, seolah meditasi adalah sesuatu yang membingungkan bagi saya

Liputan6.com, Jakarta Dulu ketika belum tahu benar apa itu meditasi, seolah meditasi adalah sesuatu yang membingungkan bagi saya. Saya ingin mulai berlatih meditasi tetapi tidak tahu banyak mengenai meditasi. Padahal semenjak tulang belakang saya mengalami HNP (Hernia Nucleus Pulposus), banyak orang dan tanda yang menyarankan saya untuk berlatih meditasi.

Dibekali porsi logika pola pikir saya waktu itu yang besar maka saya menganggap meditasi terlalu mistis, bersifat spiritual dan hanya untuk manusia-manusia yang lanjut usia. Pertanyaan-pertanyaan bermunculan: Apakah meditasi itu sulit? Bagaimana cara saya mengendalikan pikiran saya sendiri? Apakah butuh disiplin keras? Apakah harus berlatih bersama? Di mana dan bagaimana saya berlatih? Mengapa saya harus bermeditasi? Berapa lama? Apakah untuk pemeluk agama, aliran dan kepercayaan tertentu saja? Perlahan saya mencari tahu jawaban dari pertanyaan: apa itu meditasi, mengapa latihan meditasi bisa memberikan manfaat-manfaat baik (tidak berkaitan dengan agama dan aliran kepercayaan tertentu), bagaimana saya memulai berlatih meditasi, dan pertanyaan-pertanyaan saya lainnya sebagai pemula dalam belajar meditasi.

Tulisan saya ini tidak akan mampu menjelaskan segala sesuatu tentang meditasi atau memberi satu-satunya kebenaran arti meditasi dan cara bermeditasi. Tulisan ini sesederhana menjawab pertanyaan-pertanyaan saya sebagai pemula pembelajar meditasi yang semoga menjadi awal mula dan membantu untuk mulai berlatih meditasi. Apa dan Mengapa Apa itu meditasi? Pertanyaan saya paling awal sebelum pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sudah mengantri.

Ternyata pertanyaan yang hanya terdiri dari tiga kata ini merupakan pertanyaan yang tidak sederhana. Kata meditasi mempunyai banyak arti yang berbeda-beda. Oleh karenanya berlatih meditasi pun dapat dilakukan dengan cara-cara yang tidak sama. Saya berusaha menyederhanakan, memilih satu penjelasan dan cara berlatih meditasi (dengan pemahaman bahwa ada banyak penjelasan dan cara berlatih meditasi yang lain yang juga baik). Meditasi adalah latihan pikiran agar pikiran sadar penuh hadir utuh hanya berada di sini-kini. Tidak melayang ke masa lalu, maupun mengembara ke masa depan.

Adjie Silarus 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.