Sukses

Umur Panjang Didapat Orang yang Rutin Minum Kopi

Minumlah kopi sebanyak tiga sampai lima cangkir sehari. Manfaat yang didapat, Anda bisa meraih umur yang panjang

Liputan6.com, Jakarta Risiko kematian dini akibat penyakit jantung, Parkinson, dan diabetes tipe dua dapat berkurang dengan rutin minum kopi secara moderat, kata para ilmuwan.

Studi ini didasari pada penelitian yang melibatkan 200.000 orang respondens. Selain itu, minum kopi juga dapat menurunkan risiko bunuh diri. Hal ini kemungkinan besar karena senyawa yang terkandung dalam biji kopi.

Para peneliti menemukan, meminum tiga hingga lima cangkir kopi sehari memiliki efek menguntungkan untuk kesehatan. Pemimpin penelitian Ming Ding, dari Harvard School of Public Health di AS mengatakan, senyawa bioaktif dalam kopi mengurangi resistensi insulin dan peradangan sistematis.

"Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk menyelidiki mekanisme bagaimana tubuh memproduksi ini semua," kata Ming dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (17/11/2015)

Hasil yang telah diterbitkan ke dalam Jurnal Circulation didasarkan pada analisis yang dikumpulkan dari tiga studi besar yang melibatkan 208.501 peserta pria dan wanita. Penelitian ini sendiri memakan waktu selama 30 tahun.

Dalam praktiknya, para peneliti juga melihat faktor-faktor lain yang telah dikaitkan dengan kematian akibat penyakit jantung, Parkinson, dan diabetes. Seperti merokok, indeks massa tubuh, tingkat aktivitas fisik, konsumsi alkohol dan diet.

"Studi ini memberikan bukti lebih lanjut, konsumsi kopi secara moderat dapat memberikan manfaat kesehatan dalam hal mengurangi kematian dini akibat beberapa penyakit," kata wakil penulis penelitian Profesor Fran Hu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.