Sukses

Mau Anak Pintar, Berikan Sarapan yang Sehat

Berilah anak menu sarapan sehat jika ingin pintar di sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Lima ribu orang murid berusia sembilan sampai 11 membuat daftar semua makanan dan minuman yang mereka konsumsi selama lebih dari 24 jam.

Setelah diketahui apa saja yang mereka santap lalu menggabungkan dengan semua nilai yang mereka dapat, peneliti dari Cardiff University menyimpulkan, seorang murid yang sarapan dengan menu sehat setiap harinya, tampil lebih optimal dan maksimal selama di sekolah.

Murid yang menyantap sereal, roti, susu, atau buah, dua kali lebih mungkin mendapat nilai bagus dibanding murid yang hanya makan permen, keripik, dan menu sarapan tidak sehat lainnya.

Hal ini telah lama dikaitkan dengan kemampuan otak mencerna sesuatu jika tubuh dimasukkan makanan dan minuman yang sehat. "Ada hubungan yang signifikan antara sarapan yang sehat dan sarapan tidak sehat. Kemungkinan mencapai nilai tinggi paling sering diraih mereka yang sarapan sehat," kata peneliti Dr Graham Moore dikutip dari situs Daily Mail, Rabu (18/11/2015)

Namun para peneliti lain merasa, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat seberapa besar pengaruhnya. Dan apa yang bakal terjadi jika sarapan sudah sehat tapi tidak mendapat pembekalan materi yang bagus selama di sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini