Sukses

Selama Demam, Anak Masih Boleh Dimandikan

Bolehkah memandikan anak yang sedang demam? Boleh-boleh saja.

Liputan6.com, Jakarta Bunda tidak perlu takut memandikan anak yang sedang demam. Selama tubuh Si Kecil direndam di air hangat, kondisinya bakal baik-baik saja.

Air hangat membuat pembuluh darah anak melebar, sehingga panas dari dalam tubuhnya akan menguap. Inilah alasan Anda tak perlu takut memandikan anak yang sedang demam.

"Asal menggunakan air hangat, mau bagaimana caranya (direndam selama beberapa menit atau dikompres) tidak jadi masalah," kata Koordinator Instalasi Gawat Darurat Brawijaya Children and Women Hospital, dr Dita Elvina ditulis Health-Liputan6.com pada Senin (16/11/2015)

Kecuali, jika orangtua merendam si Kecil di air dingin atau alkohol 70 persen, seperti yang dilakukan orangtua dulu.

Menurut dr Dita, alkohol bisa menurunkan kadar gula darah, yang membuat tubuh si kecil lemas. Selain itu, ditakutkan si Kecil menghirup alkohol yang berisiko hipoglikemia.

"Memang, dulu banyak orang tua yang mengguyur dengan alkohol. Memang dapat menghangatkan tubuh si anak tapi kalau terlalu banyak menghirup alkohol juga berbahaya," kata dia.

Sedangkan air dingin, akan mengecilkan pembuluh darah di kulit si Kecil, yang nantinya tidak akan ada evaporasi, yang akan membuat demam anak sulit turun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini