Sukses

Menkes Canangkan Program Dokter Layanan Primer

Dokter yang menjalani pendidikan layanan primer harus utamakan pencegahan penyakit dan memiliki kemampuan tangguh dalam pengobatan klinis.

Liputan6.com, Jakarta "Kebijakan kesehatan sudah dirasakan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dari evaluasi, keberlanjutan untuk menguatkan layanan kesehatan primer agar orang tidak sakit parah bisa diselesaikan di pelayanan kesehatan primer seperti Puskesmas atau klinik ini bisa dibantu dengan dokter layanan primer," katanya saat memberikan sambutan dalam rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional 2015 di Kemayoran, Jakarta, Jumat (12/11/2015).

Menurut Menkes, dokter yang bakal menjalani pendidikan layanan primer harus mengedepankan pencegahan penyakit dan memiliki kepiawaian tangguh dalam pengobatan klinis.

"Pengobatan harus selesai di primer. Meski program pendidikan ini perlu waktu, tapi harus mulai dari sekarang agar bisa jadi tulang punggung layanan kesehatan primer," ungkapnya.

Dokter di pelayanan primer, kata Menkes, perlu memiliki ciri The Five Stars Doctor, yaitu dokter mampu berperan sebagai penyedia pelayanan kesehatan (care provider), pengambil keputusan (decision-maker), komunikator yang baik (communicator), pemimpin masyarakat (community leader), dan pengelola manajemen (manager). Hal ini diharapkan dapat menyelesaikan 80-90 persen permasalahan kesehatan di layanan primer.

"Untuk itu pelayanan primer membutuhkan Dokter Layanan Primer, seorang dokter yang ahli di layanan primer untuk menjadi gatekeeper yang handal dan berada di tengah-tengah masyarakat untuk mendukung lahirnya generasi cinta sehat," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.