Sukses

Mengapa Menyikat Gigi Dalam Gelap Baik Untuk Anda?

Ingin tidur lebih baik dimalam hari? Cobalah untuk menggosok gigi Anda dalam gelap.

Liputan6.com, Jakarta Ingin tidur lebih baik d imalam hari? Cobalah untuk menggosok gigi Anda dalam gelap, ujar seorang ilmuwan saraf dari Oxford. Dia menyatakan bahwa lampu terang pada kamar mandi membangunkan tubuh, laporan dari The Telegraph, ditulis Jumat (13/11/2015).

Jadi, untuk tertidur lebih cepat, dia merekomendasikan meyikat gigi dengan mematikan lampu kamar mandi.

"Seringkali orang mematikan lampu ketika malam hari yang akan membantu tubuh bersiap untuk tidur, namun lalu mereka pergi menggosok gigi dan menyalakan lampu kamar mandi,’ ujar Russell Foster, seorang profesor ilmu saraf sirkadian dari Oxford University. “Hal ini akan sangat mengganggu,” ujarnya.

Jam biologis manusia, yaitu ritme sirkadian, sangat terpengaruh oleh tingkat cahaya. Begitulah cara tubuh mengetahui kapan untuk tidur dan harus bangun, melepaskan hormon, menyesuaikan suhu tubuh, dan fungsi penting lainnya.

Yang lebih penting lagi, mendapatkan tidur yang cukup, sangat berpengaruh penting untuk memperbaiki jaringan saraf, meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan kekebalan dan menurunkan risiko obesitas, kanker, dan gangguan mental.

"Kita mempunyai jam utama yang berdetak di otak dan setiap sel mempunyai jam mereka sendiri. Jadi hal itu lebih seperti konduktor pada sebuah orkestra yang memberikan sinyal kepada seluruh tubuh,” jelas Foster.

"Tidur merupakan satu-satunya perilaku penting yang harus kita lakukan,’ ujar Foster. “Di sepanjang umur kita, 36 persen hidup kita adalah untuk tidur.”

Jadi, untuk Anda yang suka menggosok gigi ditemani terangnya lampu kamar mandi, mungkin ini saatnya untuk mencoba mematikan lampu ketika menggosok gigi, agar membuat tidur Anda lebih baik. (Melodia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini