Sukses

Jangan Pinjamkan Gunting Kuku ke Orang Lain

Menggunakan gunting kuku atau berbagi peralatan perawatan kuku tidak semestinya dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan gunting kuku atau berbagi peralatan perawatan kuku tidak semestinya dilakukan. Selain memicu infeksi, juga menularkan jamur kuku (Onikomikosis).

Seperti disampaikan Direktur Klinik Medivit, dr Margareta Indah Maharani, SpKK, jamur kaki disebabkan oleh jamur dermofit, jamur ragi (candida) yang menular dan sulit disembuhkan.

Ada 3 tanda khusus jamur kuku, seperti perubahan warna kuku menjadi putih kekuningan, kuku menebal, dan kuku mudah patah, pecah, retak.

"Menjaga kebersihan diri termasuk tidak meminjamkan gunting kuku ke orang lain. Begitu juga saat kita berada di luar seperti di salon, bawa sendiri peralatannya karena kita tidak tahu, apakah peralatan orang lain steril atau tidak," katanya.

Menurut Margareta, bila peralatan kebersihan kuku tidak dijaga dengan baik, spora jamur bisa menempel pada kikirnya. Dibersihkan begitu saja juga tidak mengangkat 100 persen jamur, apalagi bila berbagi gunting kuku.

"Jangan mau sharing gunting kuku. Walaupun hal ini kerap dianggap sepele, kuku menjadi bagian estetika tubuh yang tidak terpisahkan dari keseluruhan penampilan," katanya. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini