Sukses

Teknik Relaksasi untuk Atasi Cemas

Untuk mengatasi rasa cemas, ada hal sederhana yang bisa Anda lakukan yakni dengan berlatih relaksasi atau menarik napas.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang rasa cemas atau khawatir tak bisa dihindari dalam keseharian kita. Penyebabnya bisa berbagai hal, mulai dari informasi tindak kriminal yang semakin marak hingga tugas keseharian yang dirasa tak unjung usai.

Untuk mengatasi rasa cemas, ada hal sederhana yang bisa Anda lakukan yakni dengan berlatih relaksasi atau menarik napas.

Menurut dokter spesialis kedokteran jiwa Danardi Sosrosumihardjo dalam acara Pfizer Press Class di Jakarta, Kamis (11/11/2015), relaksasi mampu membuat orang yang tengah dilanda cemas menurun kadar adrenalinnya sehingga lebih tenang.

Dokter Danardi menyarankan teknik relaksasi berikut untuk dipraktikkan ketika dilanda cemas: Tarik napas panjang sebanyak tujuh hitungan, langsung hembuskan atau tarik napas lalu tahan selama tujuh hitungan lalu hembuskan. Lakukan dalam posisi yang nyaman, baik duduk, tiduran.

"Lakukan ini sebanyak tujuh kali," terang dokter yang berkecimpung di dunia kedokteran jiwa selama 30-an tahun ini.

Sedangkan untuk mengetahui apakah Anda tengah cemas atau tidak bisa dengan mengukur denyut nadi di pergelangan tangan. Bila sedang cemas, denyut nadi Anda bisa mencapai lebih dari 90 denyutan per menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.