Sukses

Waspadai Jamur Kuku Saat Lupa Ganti Kaos Kaki

Idealnya, ganti kaus kaki minimal satu kali sehari.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami jamur kuku (Onikomikosis) bukan hanya dapat mengganggu penampilan, tapi juga mencegah penularan lebih lanjut. Itulah sebabnya, kita wajib mengganti kaus kaki dua kali sehari.

Begitu disampaikan pakar kesehatan kulit dan Direktur Klinik Medivit, dr Margareta Indah Maharani, SpKK saat acara peluncuran Emtrix di UOB Plaza, Jakarta, Rabu (11/11/2015).

"Idealnya, ganti kaus kaki minimal satu kali sehari. Itu sudah wajib. Kalau aktivitasmya keringatan dari pagi sampe malam khususnya, sebisa mungkin membawa cadangan kaus kaki dan menggantinya setelah solat, atau ganti bila kehujanan," katanya.

Menurut Margareta, saat kaus kaki tidak diganti maka jamur dalam bentuk spora ini dapat menular ke siapapun, terutama mereka yang memiliki penyakit kronis atau sudah tua. Selain itu, bila perlu juga memiliki sepatu cadangan.

"Setelah mencuci kaki, jangan gunakan langsung sepatu. Itu kan lembap. Jadi lap kaki dan pastikan kering, terutama sela-sela jari karena jamur dapat merembet melalui daerah tangan atau kaki yang lembap dan menjadi rumah bagi jamur," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.