Sukses

Waspada, Ini 3 Cara Penularan Cacing

Bahkan di beberapa daerah prevalensi anak yang terkena cacingan sampai 60 persen.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, rata-rata 28 persen anak di tiap daerah terkena cacingan. Bahkan di beberapa daerah prevalensi anak yang terkena cacingan sampai 60 persen. Tak mengherankan memang jika jumlah prevalensinya tinggi karena penyakit infeksi cacing perut dapat menular dengan sangat mudah.

"Cacingan memang mudah menular. Ada yang ditularkan lewat tanah yang terdapat telur cacing, BAB sembarangan, dan konsumsi makanan yang tidak higienis," kata dokter spesialis anak Sri Kusumo Amdani dalam acara 'Gerakan Waspada Cacingan' di Jakarta beberapa saat lalu.

Larva cacing tambang misalnya bisa masuk ke dalam tubuh lewat pori-pori kulit karena sering tidak memakai alas kaki. Lalu penjual yang di kuku tangannya terdapat tanah yang ada telur cacing berpotensi membuat berpindah ke makanan.

Pencegahan cacingan memang diperlukan dan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menjaga kebersihan perorangan dan lingkungan. Perorangan ditandai dengan mencuci tangan menggunakan sabun pada lima waktu penting, menggunakan air bersih, mandi, serta menjaga kuku tetap pendek dan bersih.

Selain itu, penting juga menjaga kebersihan lingkungan dengan BAB di jamban, menjaga kebersihan rumah dan sekolah. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.