Sukses

Tanda-tanda TBC yang Renggut Nyawa Misye Arsita

Artis peran dan penyanyi Misye Arsita diketahui menderita penyakit TB Kelenjar dan infeksi paru-paru yang akhirnya merenggut nyawanya.

Liputan6.com, Jakarta - Baru saja dunia hiburan tanah air kehilangan sosok artis peran dan penyanyi Misye Arsita, yang meninggal dunia pada Kamis (5/11/2015) sekitar pukul 03.00 WIB, di Kediri, Jawa Timur. Artis 51 tahun tersebut diketahui menderita penyakit TB Kelenjar dan infeksi paru-paru.

Dikutip dari laman tbindonesia.com milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada Kamis (5/11) sore, Indonesia memang menempati peringkat keempat di antara negara-negara tertinggi yang punya beban kasus TB di dunia (WHO 2011). Tak perlu takut, karena tingkar keberhasilan pengobatan penyakit ini adalah 90 %.

Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini bersifat menahun dan gejala klinisnya baru muncul bila sudah parah.

Tapi sebetulnya, TB merupakan penyakit menular yang dapat diobati, disembuhkan, dan dicegah. Supaya Anda bisa mengantisipasi penyakit ini sedini mungkin, ada baiknya kita mengenal gejala-gejalanya.

Gejala utama

Batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih.

Gejala tambahan

1. Demam yang bersifat hilang timbul lebih dari sebulan

2. Nafsu makan menurun dan penurunan berat badan

3. Sesak atau meriang

4. Berkeringat pada malam hari tanpa sebab yang jelas

5. Dahak bercampur darah atau batuk darah.

Bila Anda mengenali gejala utama terlebih dahulu, Anda bisa segera ke dokter. Biasanya, dokter akan menyuruh Anda melakukan pemeriksaan dahak secara mikroskopis langsung (BTA) serta  gambaran radio logis (foto rontgen).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini