Sukses

Anak Bertanya tentang Seks, Bagaimana Baiknya Jawaban Orang Tua?

Banyak orang tua menganggap ini tabu, sehingga anak menjadi penasaran dan melakukan hal yang salah.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil, seorang anak perlu diberikan pendidikan seks yang benar. Sayangnya, banyak orang tua menganggap hal ini tabu, sehingga anak menjadi penasaran dan melakukan hal yang salah.

Konsultan seks dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS mengatakan hal ini sering terjadi pada masyarakat. Orang tua tidak bisa memberikan jawaban saat anaknya bertanya, misalnya, dari mana dia berasal, mengapa ibu dan ayah bisa melahirkannya, atau mengapa ibu bisa hamil.

"Enggak usah tanya, nanti kalau sudah besar mama beritahu. Itu jawabannya yang paling sering. Ini keliru dan justru menimbulkan penasaran bagi anak. Seharusnya diberitahu kalau dengan menikah seseorang bisa memiliki anak. Atau perlihatkan foto ibu dan ayahnya menikah dan jelaskan secara sederhana, jangan menghindar dan dijawab nanti-nanti," katanya saat ditemui wartawan di kantor Vidio.com di bilangan Cikini, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Untuk memperluas wawasan orangtua mengenai pendidikan seks, kata dia, pasangan perlu juga membaca referensi dari buku atau internet sehingga mudah menjawab pertanyaan si kecil yang penasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.