Sukses

Kena Air atau Minyak Panas? Jangan Obati Pakai Odol

Jangan buang waktu dengan mengoleskan odol, lebih baik segera siram air suhu ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Langkah pertama saat terkena air atau minyak panas yakni dengan membasuh atau menyiramnya dengan air bersih bersuhu dingin. Bukan dengan mengoleskan odol.

Mengoleskan odol pada kulit yang terluka malah membuat lengket ke luka dan menambah banyak pekerjaan seperti dituturkan dokter spesialis bedah plastik RSUP Fatmawati, Brevita J. Bismedi saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Selasa (3/11/2015).

"Mungkin maksudnya orang zaman dulu tuh untuk mendinginkan luka yang terbakar, tapi hal itu sebenarnya malah menambah pekerjaan," terang dokter yang mengambil pendidikan spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Lebih baik, secepat mungkin untuk melepaskan pakaian yang terkena air atau minyak panas, lalu didinginkan menggunakan air keran atau air minum suhu normal bukan suhu dingin es. Oleskan salep antibiotik atau salep luka bakar bila perlu. Jika parah, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.