Sukses

Hati-hati, 4 Kebiasaan Ini Picu Keriput Datang Lebih Cepat

Catat empat kebiasaan yang bisa memunculkan keriput datang lebih cepat.

Liputan6.com, New York- Ketika usia bertambah, jumlah kerutan bertambah banyak. Namun bukan cuma usia yang membuat garis-garis kulit makin bertambah, tapi juga kebiasaan sehari-hari.

Catat empat kebiasaan yang bisa memunculkan keriput datang lebih cepat seperti dikutip laman Prevention, Jumat (30/10/2015).

1. Hobi makan permen karet

Mengunyah permen karet memang efektif menghalau kantuk dan membuat nafas segar. Namun terus-menerus menggerakkan mulut saat makan permen karet memaksa mulut lakukan hal berbeda yang memicu keriput.

Ketika keriput terbentuk, akan sulit sekali untuk menghapusnya seperti diungkapkan dokter kulit Joel Schlessinger.

2. Merokok

Sederet daftar panjang hadir akibat merokok, termasuk membuat Anda tampak tua lebih cepat. Menghisap tembakau membuat aliran darah ke kulit terbatas, sehingga sel kulit sulit mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap sehat dan beregenerasi.

3. Hobi konsumsi makanan manis

Molekul pada gula mengikat jaringan bernama glikasi. Ketika hal ini terjadi, muncul molekul baru yang merusak kolagen dan elastin yang bertanggung jawab menjaga kekencangan kulit.

4. Tak bisa lepas dari ponsel 

Penggunaan ponsel pintar berjam-jam lama-kelamaan akan menimbulkan keriput di leher seperti diungkapkan Schlessinger. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.