Sukses

Ini Manfaat Tertawa bagi Tubuh

Selain pengaruh psikis, ada keuntungan lain dari tertawa, yaitu keuntungan fisik.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua tahu bahwa tertawa terkadang bisa secara ajaib mempengaruhi kita. Tertawa bisa membuat hari Anda lebih baik, menenangkan pikiran, dan meningkatkan mood Anda. Namun ada keuntungan lain dari tertawa selain pengaruh psikis, yaitu keuntungan fisik dari tertawa.

Dilansir dari Huffington Post, Jumat (30/10/2015), inilah yang terjadi pada tubuh Anda ketika tertawa: 

1. Otak

Ketika Anda tertawa, otak Anda akan merespons sinyal baik tersebut. Ini secara otomatis akan mengurangi hormon stres, menurunkan tingkat stres dan tingkat kecemasan Anda, serta dapat menaikkan mood Anda

2. Jantung

Pengaruh tertawa pada jantung bisa dikatakan sangat signifikan, dapat mengurangi inflamasi, melindungi dari penyakit kardiovaskuler, hipertensi, dan risiko serangan jantung. Tertawa juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan menaikkan kolesterol baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Otot

3. Otot

Anda yang selalu berkutat dengan rutinitas pekerjaan setiap harinya yang dipengaruhi oleh stres dan tekanan pekerjaan sering mendapati bahwa otot-otot Anda menjadi kaku. Dengan tertawa, akan membantu otot ditubuh Anda untuk menjadi lebih rileks.

4. Sistem Kekebalan Tubuh

Terkadang aktivitas rutin membuat Anda melupakan makan sehat atau berolahraga lebih rutin, yang pada akhirnya dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda. Tertawa ternyata dapat membantu meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh, membantu mengaktifkan sel-sel pelindung penyakit, serta mengaktifkan sel-sel yang dapat membunuh sel tumor.

5. Toleransi Terhadap Sakit

Dengan tertawa tubuh akan meningkatkan toleransi Anda terhadap rasa sakit karena tertawa dapat melepaskan hormon endorphin pada tubuh kita. (Melodia)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.