Sukses

10 Cara Mencegah Flu Sebelum Benar-Benar Muncul

Bersin-bersin, sakit kepala, hingga tenggorokan gatal, semua sinyal itu mengartikan kalau Anda bakal terkena flu.

Liputan6.com, New Delhi - Bersin-bersin, sakit kepala, hingga tenggorokan gatal, semua sinyal itu mengartikan kalau Anda bakal terkena flu. Flu memang penyakit yang kelihatannya paling ringan, tapi jadi salah satu yang menjengkelkan.

Kalau lingkungan kerja Anda banyak yang terkena flu, berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari flu, terlebih lagi saat tanda-tanda penyakit ini sudah muncul.

1. Oleskan Balsam

Mengoleskan balsam ke area dada, leher, dan punggung dapat membantu meringankan gejala flu yang mulai muncul. Karena aroma eucalyptus yang terhirup memberikan efek melegakan dan relaksasi. Salah satu balsam dengan bahan-bahan alami berkhasiat yang dapat Anda andalkan untuk meringankan gejala flu adalah VICKS VapoRub.

 

VICKS VapoRub dapat membantu meringankan 4 gejala batuk dan pilek: batuk, pilek, hidung tersumbat, dan badan pegal-pegal sejak gejala awal. Gunakan segera setiap kali diperlukan pada gejala pertama pilek dan batuk dan gunakan sesuai petunjuk. Selain itu, VICKS VapoRub juga dapat digunakan oleh penderita dari segala umur, mulai dari anak-anak berumur 2 tahun hingga dewasa.

2. Sering cuci tangan dan Jangan sentuh wajah

Ponsel, keyboard komputer, tombol lift, sampai gagang pintu penuh dengan kuman. Anda bisa cuci tangan untuk meringankan pekerjaan sistem kekebalan tubuh Anda.

Menyentuh mata dan hidung dengan banyak kuman di tangan lebih mudah membuat Anda sakit.

3. Jangan bertanya 'Siapa yang sakit?'

Kalau anak atau pasangan Anda yang sakit, pastilah tak akan jauh-jauh dari mereka. Jika kolega atau teman Anda yang sakit, cobalah untuk tetap jauh dan hindari pernyataan tak sopan.

4. Olahraga

Ketika berolahraga, level stres Anda langsung turun dan otak melepaskan hormon endorfin. Endorfin merupakan zat yang meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara alami.Dari semua jenis olahraga, yoga sangat baik untuk kekebalan tubuh. Tapi jika Anda sudah sakit, berolahraga bukan ide yang baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpelukan - Minum Teh Lemon

5. Berpelukan

Dikutip dari India Times, Jumat (30/10/2015), penelitian menunjukkan bahwa memeluk dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda dengan cukup baik. Pemijatan juga bakal bekerja sama baiknya agar kemungkinan Anda untuk jatuh sakit jadi lebih kecil.

6. Minum banyak cairan

Sebelum, selama, dan setelah sakit, cairan adalah teman terbaik Anda!

7. Tidur berkualitas

Kurang tidur bisa berpengaruh banyak pada kekebalan tubuh Anda. Usahakan tidur minimal 8 jam sehari kalau tak ingin terbangun dengan flu di pagi harinya.

8. Konsumsi vitamin

Vitamin meningkatkan kekebalan tubuh Anda, jadi makanlah banyak buah-buahan dan sayuran. Buah jeruk adalah pilihan yang baik, karena mereka sarat dengan vitamin C, vitamin utama untuk kekebalan. Kekurangan protein juga mempengaruhi kekebalan Anda, jadi cobalah untuk makan lebih banyak protein selama beberapa hari untuk menopang pertahanan Anda.

9. Minum lemon tea

Lemon sarat dengan vitamin C, sedangkan madu dan kayu manis adalah kombinasi antibakteri dan antivirus yang kuat.

10. Hindari rokok dan alkohol

Studi menunjukkan bahwa perokok bisa pilek jauh lebih sering daripada non-perokok, karena bahan kimia dalam asap mempengaruhi imunitas. Alkohol juga berpengaruh pada kekebalan Anda, jadi hindari minum-minum jika Anda tau sudah ada tanda-tanda akan flu. Minum juga membuat Anda tidur kurang berkualitas, dan ingat, tidur penting untuk kekebalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini