Sukses

Cara Mudah Cegah Kanker Payudara Sejak Sekolah Dasar

Mencegah kanker payudara ternyata bisa dilakukan sedini mungkin.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menunjukkan mencegah kanker payudara ternyata bisa dilakukan sedini mungkin. Di antaranya adalah mencegah anak obesitas dan mengajarkan anak pola hidup sehat sejak usia 7 tahun.

Begitu disampaikan dr. Ririn Hariani, MS, SpGK saat sidang doktor dalam Ilmu Gizi dengan penelitian yang berjudul Faktor Determinan Kadar Estradiol dan Menarche Dini pada Remaja Putri Usia 13-15 tahun di Jakarta, Rabu (28/10/2015).

"Upaya preventif atau pencegahan untuk mengendalikan kadar estradiol dan usia menstruasi (menarche) dini dapat dilakukan pada anak kurang dari 10 tahun dengan beberapa skema, seperti mengenalkan pola hidup sehat dan aktivitas fisik sejak usia dini. Ibunya harus bisa mengedukasi pola makan, aktivitas fisik. Begitu juga di sekolah, perlu ada edukasi untuk memberi tahu faktor risiko kanker," katanya.

Selain itu, orang tua juga juga dianjurkan memperhatikan angka kecukupan gizi (AKG) atau karbohidrat (50-60 persen), protein (15 persen), lemak kurang dari 25 persen, dan serat 30 gram.

Kemudian pertahankan berat badan sehat sesuai usia serta aktivitas fisik sedang seperti jalan kaki, naik sepeda, senam aerobik, berenang, berkebun, bermain dengan hewan peliharaan ataupun melakukan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan kamar. Lakukan minimal tiga kali masing-masing 30 menit per minggu.**

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini