Sukses

5 Kebiasaan Ini Bikin Tangan Anda Terlihat Lebih Tua

Kadang orang suka merasa tangannya terlihat lebih tua dibanding bagian tubuh lainnya, dan kebanyakan dari mereka tidak tahu penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Kadang orang suka merasa tangannya terlihat lebih tua dibanding bagian tubuh lainnya, dan kebanyakan dari mereka tidak tahu penyebabnya.

Dilansir dari Goodhousekeeping, Selasa, 27/10/2015, ada 5 hal yang menjadi penyebab “menua”nya tangan.


1. Mencuci tangan dengan sabun kasar

“Cucilah tangan Anda dengan pembersih bebas pH,” saran dari seorang Dermatologis, Dr. Mona Gohara. Jadi, daripada mencuci tangan dengan sabun batang, pilihlah sabun dengan formula yang lebih lembut yang tidak membuat tangan Anda kering setelah memakainya. Ini juga berlaku untuk cairan pencuci piring. Selagi mencuci, akan lebih baik jika Anda menggunakan sarung tangan karet.

2. Terlalu Sering Mencuci Tangan

Bukan hanya sabun yang dapat membuat kulit menjadi kasar, namun membiarkan tangan terkena air terlalu sering juga dapat merusak kulit. Jika memang Anda harus sering-sering mencuci tangan Anda, jangan lupa setelahnya untuk memakai pelembab kulit untuk menjaga agar kulit tidak menjadi kering.

3. Tidak Menggunakan Krim Pelindung Sinar Matahari

Pelembab utamanya selalu dipakai di wajah Anda. Tapi apakah Anda tahu bahwa Anda harus memakaikannya ditangan Anda juga? “Wajah dan tangan kita terkena sinar matahari lebih banyak dibanding bagian tubuh lainnya, itu mengapa muka dan tangan yang paling cepat menua” ujar Dr. Trevor Cates.

Tabir surya wajib Anda gunakan jika rutin berkendara. Gohara mengingatkan, bahwa matahari akan meninggalkan noda pada kulit yang terlalu sering terekspos. “Tangan Anda yang terkena sinar ultraviolet melalu kaca mobil, akan dengan mudahnya berubah menjadi lebih gelap jika Anda tidak memakai krim pelindung sinar matahari," lanjutnya lagi.

4. Menggunakan cairan pembersih tangan

Cairan pembersih tangan tidak baik bagi kulit tangan Anda. “Cairan pembersih tangan sebagian besar adalah alkohol,” urai Gohara. “Ini memang akan menghilangkan kuman ditangan Anda, namun juga akan menghilangkan kemampuan perlindungan alami kulit, sehingga membuat tangan terlihat kering dan keriput”. Jika memang Anda harus memakain cairan pembersih tersebut, gunakanlah hanya pada telapak tangan Anda, sehingga punggung tangan Anda tidak terkena cairan tersebut.

5. Terlalu Sering Memakai gel perawatan kuku.

Apakah Anda tahu benda bersinar biru yang berada dibawah tangan Anda ketika Anda memoles kuku Anda dengan gel? Itu adalah sinar Ultraviolet, tipe sinar berbahaya yang sama seperti yang dipancarkan oleh matahari. Lewatilah pemberian gel tersebut dan lakukanlah perawatan kuku yang dasar saja, saran Dr. Trevor Cates. (Melodia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini