Sukses

Sebaiknya Hindari Dengar Jenis Musik Ini Saat Sedang Sedih

Musik bisa memiliki dampak luar biasa bagi emosi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Musik bisa memiliki dampak luar biasa bagi emosi Anda. Sebuah studi menyarankan, mendengarkan musik sedih atau agresif untuk meningkatkan mood bisa menjadi bumerang.

Dengan bantuan pencitraan otak, tim peneliti mempelajari seperti apa pengaruh respon saraf terhadap tipe musik yang berbeda pada emosi setiap orang.

Penulis penelitian Emily Carlson dari University of Jyvaskyla di Finlandia mengatakan, "Beberapa cara untuk mengatasi emosi negatif, seperti mengunyah, yang artinya terus-menerus memikirkan hal-hal negatif, dikaitkan dengan kesehatan mental yang buruk. Kami ingin mengetahui apakah ada efek negatif serupa dari beberapa gaya musik yang didengarkan."

Para partisipan penelitian ini dinilai memiliki gejala mental seperti depresi, kecemasan, neurotisisme, dan dilaporkan musik yang mereka dengarkan memengaruhi emosi mereka.

Berdasarkan hasil analisis terungkap, kecemasan dan neurotisisme sangat tinggi pada partisipan yang sering mendengarkan musik sedih atau agresif untuk mengekspresikan perasaan negatif, terutama pada pria.

Rekan penulis penelitian, Suvi Saarikallio dari University of Jywaskyla mengatakan, "Pilihan musik yang didengarkan ini berdampak pada perasaan ketika mengekspresikan perasaan negatif, tidak mengubah mood negatif menjadi lebih baik."

Studi tersebut dipublikasikan dalam Frontiers in Human Neuroscience, dikutip dari laman Medindia, Senin (26/10/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini