Sukses

Remaja Peminum Cenderung Pilih-Pilih Merek Alkohol?

Seorang peminum yang baru pertama kali mencoba minuman keras pastilah pernah menonton film-film Hollywood.

Liputan6.com, Washington - Seorang peminum yang baru pertama kali mencoba minuman keras pastilah pernah menonton film-film Hollywood. Mungkin Anda lupa apa merek minuman Anda saat itu, tapi sebuah studi baru ini bisa membantu mengingatkannya.

Sebuah laporan terbaru yang dikutip dari medicaldaily.com, pada Senin (26/10/2015) lalu menemukan fakta bahwa iklan alkohol dengan merek spesifik berpengaruh pada jenis minuman yang dikonsumsi peminum di bawah umur.

Para peneliti dari Center for Alcohol Marketing and Youth (CAMY) di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg dan Sekolah Kesehatan Masyarakat Boston University, menemukan anak-anak usia 13 sampai remaja 20 tahun berpotensi lima kali lebih besar untuk minum alkohol dengan merek yang diiklankan di TV nasional.

Dan 36 persen anak-anak berpotensi untuk minum alkohol yang pernah juga mereka lihat di majalah, daripada yang tidak beriklan di media. "Terpaan pemasaran yang terus-menerus disadari sebagai faktor yang membuat anak muda jadi mencoba minuman.

"Beberapa studi telah meneliti hubungan antara pengaruh iklan secara keseluruhan dengan konsumsi alkohol berdasarkan merek," kata penulis studi David Jernigan, direktur CAMY, yang juga profesor di Departemen Kesehatan, Prilaku, dan Masyarkat di Sekolah Bloomberg dalam siaran pers .

"Temuan ini menunjukkan remaja yang mengkonsumsi merek alkohol yang sama dengan yang paling banyak diiklankan," tuturnya Jernigan.

Meskipun peminum di bawah umur ini tidak sebanyak dulu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa 35 persen dari siswa SMA mengkonsumsi beberapa jenis alkohol dalam 30 hari terakhir. Minum alkohol di bawah umur menyebabkan setidaknya 5.000 kematian per tahun, dengan 38 persen dari mereka yang tewas karena kecelakaan mobil. Semua mengatakan, industri alkohol menghabiskan 3,5 miliar dolar AS untuk iklan dan materi promosi pada tahun 2011, dengan peningkatan 400 persen pada iklan alkohol selama 40 tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.