Sukses

Rekomendasi Kemkes agar Bayi Selamat dari Kabut Asap

Menteri Kesehatan Nila Moeloek merekomendasikan 4 hal untuk mencegah penyakit infeksi pernapasan akut atau ISPA pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya ada 450.431 jumlah penderita Infeksi pernapasan akut (ISPA) akibat kebakaran hutan yang melanda sejumlah provinsi. Menteri Kesehatan Nila Moeloek merekomendasikan 4 hal untuk mencegah penyakit infeksi pernapasan akut atau ISPA pada anak, sebagai berikut:

1. Bayi, balita, anak dibawah 12 tahun tidak dianjurkan keluar rumah bila Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di atas 50

2. Meningkatkan fisik anak

Berikan ASI pada bayi, dan makanan yang baik agar fisik dan gizinya kuat.

3. Tutup ventilasi udara

"ISPU diatas 400-500 sangat berbahaya, masyarakat dianjurkan untuk tidak beraktivitas luar rmh. Bila rumah ditinggali, ventilasi ditutup. Bila asap masuk ke rumah, segera ke rumah singgah atau shelter dimana ada penjernih udara. Atau ventilasi lebih baik ditutup dengan kain basah agar partikel beracun tidak masuk," katanya.

4. Jangan ada yang merokok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini