Sukses

4 Alasan Muncul Jerawat

Masalah kesehatan kulit yang paling banyak diterima di RS Cipto Mangunkusumo ternyata jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Masalah kesehatan kulit yang paling banyak diterima di RS Cipto Mangunkusumo ternyata jerawat. Data di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSCM 2012 adalah acne vulgaris (jerawat), yakni sebanyak 629 kasus, dibandingkan dermatitis kontak iritan 146 kasus dan melasma 159 kasus.

Lantas apa penyebabnya?

Menurut dokter spesialis kulit Bamed Skin Care, dr Adhimukti T Sampurna, ada beberapa faktor risiko yang memicu jerawat, seperti:

1. Suhu yang panas dan kelembapan tinggi di iklim tropis

Suhu di Indonesia cenderung meningkatkan aktivitas keringat, meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit terutama oleh jamur. Aktivitas kelenjar keringat yang tinggi akan diimbangi oleh aktivitas kelenjar minyak yang tinggi pula. Inilah yang meningkatkan risiko terbentuknya komedo, dan akhirnya jerawat.

Hiperaktivitas kelenjar minyak juga dapat menyebabkan masalah dermatitis seboroik.

2. Paparan sinar matahari yang konstan

Selain meningkatkan risiko kanker, sinar matahari konstan dapat pula menyebabkan flek gelap wajah karena penuaan misalnya melasma.

3. Polusi dari asap

Polusi kendaraan bermotor, asap pabrik, asap kebakaran hutan meningkatkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan jaringan kulit lebih cepat, menyebabkan peradangan kulit (dermatitis).

4. Pemakaian kosmetik berganti-ganti

Produk dan tindakan perawatan kulit yang tidak tepat dapat berakibat buruk untuk kesehatan kulit, dan malah menyebabkan masalah kesehatan kulit seseorang. Pemakaian kosmetik dekoratif yang terlalu menutup pori-pori kelenjar minyak kulit, dalam jangka panjang dapat berakibat timbulnya jerawat, terutama pada kulit berminyak. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat