Sukses

Kebiasaan Menyilangkan Kaki Saat Duduk Berbahaya bagi Kesehatan

Hati-hati bila Anda menyilangkan kaki dalam waktu lama hingga mati rasa.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda kerap menyilangkan kaki saat duduk, mungkin sebaiknya Anda menghentikannya sekarang juga. Sebuah penelitian mengungkap, hal ini dapat menyebabkan varises, kerusakan saraf, dan tekanan darah tinggi.

"Hati-hati bila Anda menyilangkan kaki dalam waktu lama hingga mati rasa. Kondisi ini dikenal dengan peroneal nerve palsy atau kelumpuhan saraf," tulis peneliti, seperti dikutip Foxnews, Selasa (2/10/2015).

Tak hanya itu, studi ini juga menemukan, posisi duduk sambil menyilangkan kaki ini berisiko tinggi menyebabkan pembuluh darah rusak atau pembekuan darah, walaupun tidak berdampak jangka panjang.

Sebelumnya, ahli chiropractic sekaligus penulis buku This Spine of Mine Sheila Callaghan percaya, menyilangkan kaki mengakibatkan rasa sakit di punggung bawah, panggul, pinggul, dan lutut.

Sependapat dengan Sheila, Fisioterapis dari National Health Service (NHS) di London, Nick Sinfield, mengatakan, ketika perempuan duduk dengan posisi kaki yang disilangkan bisa mengakibatkan pangkal paha melipat ke dalam sehingga posisi duduk cenderung membungkuk dan menggangu kestabilan tulang belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini