Sukses

Hanya 5 Persen Orang yang Cuci Tangan dengan Tepat

Banyak yang sudah mencuci tangan tapi 95 persen tidak cukup lama untuk membunuh kuman.

Liputan6.com, New York- Mungkin kita mengira sudah rajin mencuci tangan, tapi apakah caranya tepat atau belum tak banyak yang menyadarinya. Bahkan hanya sekitar lima persen orang yang mencuci tangan dengan cara yang benar.

Para peneliti dari Michigan State University meneliti secara diam-diam kebiasaan 3,749 orang di toilet umum. Banyak yang sudah mencuci tangan tapi 95 persen tidak cukup lama untuk membunuh kuman seperti dikutip dari laman Pop Science, Senin (19/10/2015).

Bahkan yang mengerikan, sekitar 15 persen pria dan 7 persen wanita tidak mencuci tangan sama sekali sesudah dari toilet. Lalu, sekitar setengah populasi pria dan 22 persen perempuan enggan mencuci tangan menggunakan sabun.

Padahal penggunaan sabun saat mencuci tangan denggan menggosokkan tangan sekitar 20 detik benar-benar dibutuhkan untuk membunuh kuman penyakit. Tapi rata-rata hanya 6 detik.

"Coba bayangkan Anda berjabat tangan dengan orang dari kamar mandi yang belum mencuci tangan yang mengandung kotoran. Bisa saja ini membuat Anda terkena penyakit akibat hal ini," terang profesor dari MCU dan peneliti utama studi tersebut, Carl Borchgrevink.

Biasakan untuk mencuci tangan pakai sabun dengan cara tepat terutama sebelum dan sesudah makan pagi, siang, malam serta setelah dari toilet (kamar mandi). Dengan mencuci tangan dengan tepat, ada paling tidak enam penyakit yang bisa dihindari yakni diare, penyakit saluran pernafasan (ISPA), tifus, cacingan, disentri, dan flu burung. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini