Sukses

Ini 4 Manfaat Mandi Air Dingin

Rasa menggigil di awal hanya sedikit pengorbanan dibandingkan manfaatnya.

Liputan6.com, New York- Mandi air hangat membuat kita terbebas dari rasa dingin, namun mandi air dingin juga tak kalah bermanfaat lho. Rasa menggigil di awal hanya merupakan sedikit pengorbanan saat mandi dengan air dingin dibandingkan manfaatnya.

Berikut empat manfaat mandi air dingin bagi fisik hingga mental seperti dikutip laman Women's Health, Senin (19/9/2010).

1. Suasana hati lebih baik

Mandi air dingin dapat meningkatkan beta endorfin dan noradrenalin dalam darah, serta meningkatkan noradrenalin di otak. Hal ini bisa berfungsi sebagai antidepresan sehingga membuat suasana hati jadi lebih baik seperti diungkap psikiater Sheenie Ambardar.

Pendapat Ambardar senada dengan kesimpulan dalam penelitian yang diterbitkan jurnal Medical Hypotheses. Mereka yang selama dua minggu mandi air dingin suasana hatinya jadi lebih baik.

2. Menenangkan otot yang sakit

Usai berolahraga, terutama olahraga berat, otot-otot terasa sakit, dengan mandi air dingin bisa mengurangi nyeri dan peradangan yang ditimbulkan. Jika ada otot tertentu yang terasa sakit atau nyeri, ahli spesialis kekuatan dari Philadelphia, Henry Halse, menyarankan untuk mengarahkan aliran air dingin ke bagian tersebut selama lima menit.

"Aliran darah yang meningkat ke daerah tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan otot atau jaringan lain. Hal ini karena darah mengandung nutrisi yang menyembuhkan," terangnya.

3. Kencangkan kulit

Jika ingin mendapatkan manfaat kecantikan dari mandi air dingin coba kombinasikan dengan air hangat. Pertama-tama mandi dengan air hangat, kemudian beralih ke air dingin, menurut dermatolog asal New York, Neal Schultz.

Air dingin dapat membantu mengencangkan kulit dan pori-pori, serta menjadikannya halus dan lebih cerah.

4. Rambut lebih berkilau

Keramas menggunakan air hangat malah dapat membuat kutikula rambut jadi kering. Hal ini membuat rambut jadi tak indah seperti diungkapkan direktur medis Wall Street Dermatology. Lebih baik keramas gunakan air dingin agar rambut lebih bersinar. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.