Sukses

Rahasia Panjang Umur Dokter Bedah Jantung Berusia 101 Tahun

Ia baru pensiun lima tahun lalu dan kini masih bisa menyetir sendiri.

Liputan6.com, California Di usianya yang menginjak angka 101 tahun, dokter bedah jantung, Ellsworth Wareham yang baru pensiun lima tahun lalu terlihat segar. Tubuhnya memang sedikit membungkuk, namun bisa berjalan tanpa tongkat bahkan masih sanggup menyetir.

"Aku tidak memiliki masalah dengan sendi, tangan saya masih mantap, dan tidak perlu berjalan dengan tongkat," ungkap Wareham seperti dikutip pada Senin (19/10/2015).

Banyak orang yang bertanya-tanya padanya rahasia panjang umur. Kepada CCTV America, Wareham mengungkapkan bahwa ia percaya menjadi vegetarian yang membuatnya mencapai umur hingga lebih dari 100 tahun.

Ia menceritakan selama ini tidak peduli terhadap produk-produk makanan yang berasal dari hewan. Hal ini membuat Wareham sangat mudah jalani hidup sebagai vegetarian.

Wareham pun senang bisa hidup 26 tahun lebih lama dibandingkan rata-rata pria Amerika Serikat yang hanya bertahan hingga usia 75,5 tahun.

"Orang selalu mengasosiasikan usia dengan kebijaksanaan. Menurutku itu tidak ilmiah. Ini (umur panjang) terjadi karena oran-orang vegetarian menjalani gaya hidup sehat," tuturnya.

Bersama keluarga, Wareham tinggal di Loma Linda, California. Ini adalah salah satu dari lima zona biru di mana rata-rata orang yang tinggal di dalamnya hidup lebih lama. Beberapa studi yang dilakukan di zona tersebut mengatakan penghuninya memiliki kebiasaan banyak berolahraga, konsumsi lebih banyak sayur dan buah, serta aktif dalam kegiatan komunitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.