Sukses

Jamur dari Korea Ini Ampuh Atasi Hipertensi dan Diabetes

Dalam bahasa Korea, jamur ini disebut Norugongdengi-beoseot atau ekor Rusa.

Liputan6.com, Jakarta Jamur pom pom atau Hericium erinaceus bukan hanya memiliki julukan dan bentuk yang unik, melainkan juga memiliki manfaat kesehatan.

Dalam bahasa Korea, jamur ini disebut Norugongdengi-beoseot atau ekor Rusa. Tapi tak jarang pula yang menjulukinya eondongi atau bokong. Di Vietnam dan Cina, jamur ini disebut sebagai nấm dầu khỉ atau kepala monyet.

Sedangkan di Jepang, jamur ini memiliki kasta tinggi karena manfaat kesehatannya. Masyarakat pun memanggilnya yamabushitake yang artinya sang pemilik atau juru kunci gunung.

Menurut Planning Departement Manager Korea Farm, In-Kwon, Lim, jamur ini sangat populer di Asia, termasuk di Korea Selatan. Namun sayangnya belum masuk Indonesia.

"Jamur ini dipercaya masyarakat Korea memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah dan menstabilkan tekanan darah tinggi," katanya saat ditemui di sela-sela Pameran K-Food Fair di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Jumat (15/10/2015).

Sebelumnya, pada 2011 ilmuwan menemukan jamur pom pom memiliki antioksidan tinggi sehingga terus dibudidayakan, bahkan di Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.