Sukses

Jamur Bisa Jadi Alternatif Pemanis untuk Kopi

Apakah jamur lebih ajaib dari yang kita duga? Kita harus menunggu dan melihat lagi.

Liputan6.com, Jakarta Lupakan soal gula sebagai pemanis rasa kopi Anda, karena baru-baru ini sebuah perusahaan teknologi pangan menemukan sifat anti-pahit dalam jamur.

Dikutip dari Evening Standard pada Jumat (16/10/2015), MycoTechnology telah menemukan sifat memblokir rasa pahit dalam jamur, yang mengkin menghentikan kebiasaan Anda menambahkan banyak gula ke dalam makanan atau minuman. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Bagian jamur yang berada dalam tanah, yang disebut miselium, bertugas menguraikan material tanaman. Nah, miselium ini ditemukan dapat melakukan hal yang sama ke berbagai kandungan yang tak diinginkan dari makanan, termasuk kepahitan dalam kopi.

Jika berhasil, bubuk berbahan dasar jamur bisa ditaburi ke makanan atau minuman apa saja dari teh yang terlalu cokelat serta kopi sebagai pengganti gula. Menghapus gula dari daftar pemanis tentu bermanfaat untuk pengendalian asupan kalori Anda.

Sejauh ini, MycoTechnology telah mendulang lebih dari 8 juta dolar AS dan mengeluarkan hak paten penemuan ini. Tapi masih harus dilihat apakah penemuan ilmiah soal jamur ini bisa dipertahankan di masa depan.

Apakah jamur lebih ajaib dari yang kita duga? Kita harus menunggu dan melihat lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini