Sukses

7 Cara Atasi Kecanduan Ponsel

Jangan sampai ponsel mengganggu kehidupan Anda.

Liputan6.com, New York- Bukan rahasia lagi bila manusia modern saat ini tak bisa lepas dari ponsel. Mulai dari komunikasi dengan keluarga, aktif di media sosial, membaca berita, menonton video, bermain game dan seabrek lainnya.

Faktanya, seseorang yang terlalu lama aktif dengan ponsel tak berdampak baik. Misalnya ada remaja perempuan yang aktif dengan ponselnya cenderung memiliki nilai akademis yang buruk.

Tak cuma itu, terobsesi dengan ponsel ternyata berdampak buruk pada hubungan asmara. Studi dari Universitas Baylor menemukan orang dewasa merasa dilecehkan ketika pasangan terlalu aktif dengan ponselnya. Hal itu menjadi awal terjadinya konflik.

Nah, bagi Anda yang merasa tak bisa lepas dari ponsel coba lakukan detoks digital berikut seperti dilansir dari laman Today, Jumat (16/10/2015).

1. Mengumpulkan semua ponsel saat acara keluarga

Jika merasa kesusahan lepas dari gawai, coba buat kesepakatan bila sedang berkumpul atau makan malam dengan keluarga untuk mengumpulkan perangkat komunikasi pribadi di suatu tempat.

2. Fokus pada satu hal

"Banyak remaja makan, mengerjakan PR, mengetik pesan, dan menonton TV secara bersamaan. Lebih baik orang tua mendorong anak untuk fokus pada satu hal agar tak terbagi perhatiannya," ungkap salah satu penulis studi tentang berkirim pesan pada remaja.

Di sisi lain, beri tahu juga kepada anak-anak manfaat positif dari ponsel mereka. Dengarkan juga apa pendapat anak-anak tentang hal itu.

3. Matikan notifikasi tak penting

Notifikasi pada beberapa aplikasi itu penting kehadirannya. Namun, ada baiknya mematikan beberapa notifikasi pada aplikasi yang tak penting.

4. Gunakan aplikasi yang dibutuhkan

Ketika Anda mengunduh satu aplikasi akan berdampak pada bertambahnya waktu penggunaan ponsel.

5. Gunakan alarm konvensional

Banyak orang yang menggunakan ponsel sebagai alarm untuk membangunkan mereka di pagi hari. Tapi sebenarnya fungsi ponsel lebih dari sekadar alarm bukan? Guna mengurangi penggunaan gawai, lebih baik gunakan alarm konvensional untuk membangunkan Anda.

Jika menggunakan ponsel sebagai alarm, biasanya ketika bangun untuk mematikan alarm Anda akan tergoda membuka notifikasi yang muncul. Tak lama kemudian Anda membuka Instagram maupun media sosial lain.

6. Biarkan agak tersembunyi kala di dalam mobil

Coba gunakan sarung khusus ponsel untuk menyamarkan keberadaan ponsel di dalam mobil. Penggunaan gawai di saat menyetir bisa timbulkan kecelakaan.

7. Turunkan kuota paket data

Jika enam cara di atas masih juga gagal, coba kurangi kuota paket data Anda. Hal ini membuat Anda mau tak mau mengurangi bermain ponsel. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini