Sukses

5 Tips Singkat Segarkan Tubuh dan Otak dari Rutinitas Kantor

Luangkan waktu 5 menit dari tiap-tiap jam yang Anda habiskan di kantor dan lakukan hal-hal berikut

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda seringkali merasa lelah di penghujung hari, atau punggung terasa sakit, tubuh terasa kaku, serta kepala pening, tak ada salahnya untuk mencoba hal ini.

Luangkan waktu 5 menit dari tiap-tiap jam yang Anda habiskan di kantor dan lakukan hal-hal berikut, seperti dilansir laman Indiatimes, Jumat (16/10/2015):

1. Jalan berkeliling

Berjalan-jalan sejenak di sekitaran kantor akan melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan akibat terlalu lama duduk.

2. Lakukan peregangan jika perlu

Jika pundak, punggung, dan leher cenderung kaku karena terlalu sering menunduk di depan meja kantor, lakukan beberapa peregangan sederhana untuk melemaskan otot-otot Anda.

Ajak seorang teman untuk melakukannya bersama-sama sehingga Anda tak merasa konyol melakukan peregangan sendirian. Memutar leher dan pundak adalah gerakan peregangan yang mudah namun efektif.

3. Minum air

Air bisa meningkatkan kinerja otak dan memberi Anda lebih banyak energi secara instan. Air akan membuat tubuh tetap terhidrasi.

4. Pejamkan mata atau fokus pandangi objek yang jauh

Otot mata Anda juga bisa lelah. Jadi memejamkan mata atau memandang suatu objek yang sangat jauh adalah ide yang baik untuk membuat mata Anda rileks. Bila Anda memandang layar komputer atau tumpukan kertas terus-menerus, melihat suatu benda yang sangat jauh memberi kesempatan pada otot mata untuk meregang.

5. Ngobrol dengan teman

Menghabiskan waktu dengan teman-teman, tertawa, dan berbincang tentang hari Anda bias menjadi pelepas stres yang baik. Ini juga akan membuat Anda merasa lebih baik.

Setelah mengambil jeda sebentar ini Anda akan bisa kembali bekerja dengan kesegaran baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.