Sukses

Kegiatan-kegiatan yang Bikin Kalsium Tulang Terbuang

Cepatnya kalsium yang dikeluarkan juga dipengaruhi oleh pola hidup kita.

Liputan6.com, Jakarta Kecuali dipengaruhi oleh hormon estrogen, asupan obat-obatan, dan kadar protein tubuh, cepatnya kalsium yang dikeluarkan juga dipengaruhi oleh pola hidup kita.

"Tentu saja pola hidup yang jelek berperan dalam hal ini," ujar pakar gizi dari Universitas Indonesia, DR.dr. Samuel Oetoro Sp.GK.

Beberapa kebiasaan jelek yang memengaruhi cepatnya pengeluaran kalsium dari dalam tulang antara lain konsumsi gula berlebihan, garam, lemak jenuh seperti gorengan, alkohol, kopi, rokok, dan karbonat yang biasanya terdapat pada minuman ringan.

Satu lagi yang menurut Samuel perlu diperhatikan adalah saat berat badan turun dengan sangat cepat. Misalnya satu minggu lebih dari satu setengah kilogram. Kalsium yang keluar dari dalam tulang juga akan banyak.

Samuel juga memaparkan anjuran standar yang pasti diberikan, yaitu menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini mengikuti moto 4S, yaitu makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, dan aktivitas sehat. Dalam tulisan ini kita khusus membicarakan soal makan sehat.

Makan sehat adalah makanan yang mengandung kadar kalsium tinggi. Rajin makan ikan sangat dianjurkan, terutama ikan laut. Lebih baik lagi ikan teri karena dikonsumsi dengan tulangnya. Sayur berwarna hijau tua, tahu, serta tempe juga cukup baik buat tulang kita.

Namun, perlu diingat bahwa sayur seperti bayam, juga tahu dan tempe, mengandung pitat atau oksalat. Bahan-bahan ini dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja.

Cuma ada satu serat yang tidak menghambat penyerapan kalsium yang disebut fiber sol. Ini adalah jenis serat nonalamiah karena berasal dari proses industri pangan. Menghindari konsumsi asam lemak jenuh juga perlu dilakukan.

Sementara itu, lemak baik seperti asam lemak omega 3 dari ikan hasil laut dalam, asam lemak omega 6 dari jagung, serta asam lemak omega 9 dari kacang-kacangan dan minyak zaitun justru harus diperbanyak asupannya. "Itu semuanya meningkatkan kalsium,"tutur Samuel. Makan sehat juga berarti mengurangi gula, garam, minuman berkarbonat, dan kopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini