Sukses

Sering Pusing dan Lelah Bisa Jadi Tanda Kurang Minum

Anda bisa mengalami gejala dehidrasi seperti pusing dan lelah hanya karena kurang minum.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh kita pada dasarnya memiliki alarm yang sangat pintar untuk memberitahu saatnya lapar dan kekurangan cairan. Itu sebabnya, Anda bisa mengalami gejala dehidrasi seperti pusing dan lelah hanya karena kurang minum.

Direktur The Lifestyle Medicine Clinic, Dr Chidi Ngwaba mengatakan, tubuh membutuhkan air pada setiap reaksinya. Oleh karena itu tidak mengherankan bila air sangat penting dalam kehidupan kita.

"Dehidrasi berat dapat mengancam kehidupan, tapi bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan masalah mulai dari sakit kepala dan masalah pencernaan hingga kehilangan konsentrasi," katanya, seperti dikutip Mirror, Kamis (15/10/2015).

Dokter keluarga, Ellie Cannon, menuturkan tanda-tanda Anda kurang minum seperti:

1. Kelelahan

2. Sakit kepala

3. Pusing

4. Sulit konsentrasi

5. Lekas marah

6. Jarang kencing dan warna urine gelap

7. Sembelit

8. Bau mulut

"Kebanyakan orang hanya minum air saat haus. Tapi pada saat sinyal tubuh Anda ke otak membutuhkan air, Anda telah kehilangan sekitar 2 persen dari kadar air total, berarti Anda berada di tahap awal dehidrasi," kata Ellie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.