Sukses

Minum Es Saat Cuaca Panas Bukan Solusi Segarkan Tubuh

Cuaca terik kerap kali membuat kita berpikir akan merasa lebih segar bila mengonsumsi air dingin atau es krim.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca terik kerap kali membuat kita berpikir akan merasa lebih segar bila mengonsumsi air dingin atau es krim. Namun tahukah Anda, cara ini ternyata tidak membuat tubuh lebih segar.

Seperti disampaikan kepala Ilmu Gizi di Universitas Surrey, Susan Lanham-New, tidak ada bukti yang menunjukkan makanan atau minuman dingin bisa membuat suhu tubuh lebih dingin.

"Setiap makanan harus dipecah dan melalui proses metabolisme, dan proses ini akan membuat tubuh merasa sedikit lebih panas," katanya, seperti dikutip Dailymail, Kamis (15/10/2015).

Yang menarik, saat kita mengonsumsi makanan panas, suhu tubuh akan naik sehingga otak mengirim sinyal untuk mengaktifkan mekanisme tubuh seperti berkeringat untuk mengembalikan suhu tubuh normal.

Susan menambahkan, hal yang paling tepat saat kita kepanasan adalah minum banyak air. Dengan begitu, cairan yang hilang melalui keringat dapat membuat tubuh lebih bugar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini