Sukses

Bahaya Keseringan Main Gawai bagi Anak

Berkirim pesan secara kompulsif dapat menurunkan nilai pelajaran anak-anak perempuan

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang baru saja diterbitkan oleh American Psychological Association mengemukakan bahwa berkirim pesan secara kompulsif dapat menurunkan nilai pelajaran anak-anak perempuan Anda. Namun, hal yang sama tidak terjadi pada anak laki-laki, demikian lansiran dari Parenting, Kamis, (08/10/2015).

Para peneliti percaya bahwa hal ini terjadi karena adanya perbedaan pada pembahasan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan saat mereka saling berkirim pesan. "Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak laki-laki menggunakan internet untuk menyampaikan informasi sedangkan anak perempuan saling berkirim pesan untuk berinteraksi secara sosial dan membangun hubungan," ujar kepala penelitian ini, Dr. Kelly Lister-Landman dari Delaware Country Community College. 

Lister-Lindman juga menambahkan, bahwa anak-anak perempuan pada usia sekolah biasanya lebih cenderung untuk terlibat dalam percakapan yang obsesif dan serius yang akan menyita perhatian mereka, sehingga menyebabkan nilainya di sekolah menurun.

Namun, hal ini bukan berarti Anda lantas harus segera menyita gawai anak perempuan Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memperhatikan dan membatasi penggunaannya. Dan, Lister-Lindman mengingatkan, segeralah simpan gawai mereka kali pertama nilai mereka terbukti menurun. (Nils)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini