Sukses

Hewan Peliharaan pun Bisa Operasi Plastik dan Botox di Korsel

Hewan peliharaan kesayangan juga bisa mendapatkan bedah kosmetik di negeri gingseng itu.

Liputan6.com, Jakarta Korea Selatan (Korsel) terkenal sebagai negara operasi plastik di dunia. Kini, tak hanya manusia yang bisa di-makeover menjadi lebih cantik atau tampan, tapi hewan peliharaan kesayangan juga bisa mendapatkan bedah kosmetik di negeri gingseng itu.

Prosedur kosmetik ini sedang tren di Korsel. Apa saja yang ditawarkan? Beberapa prosedur yang populer termasuk memendekkan ekor dan pemangkasan telinga untuk anjing, yang membuat mereka memiliki telinga 'lucu' yang runcing.

Tak cukup di situ, hewan kesayangan Anda juga bisa melakukan prosedur pengurangan lemak, hilangkan stretch mark, smoothing keriput, penghapusan kelopak mata ganda dan bahkan suntikan botox. Prosedur ini dihargai mulai dari 60 hingga ribuan dollar.

Tawaran operasi plastik untuk hewan peliharaan di Korsel mungkin tak terlalu mengejutkan. Para wisatawan saja rela datang dari jauh untuk melakukan operasi kosmetik di Korsel agar terlihat lebih cantik atau ganteng.

Seperti dikutip dari laman Odditycentral, Rabu (13/9/2105) digambarkan seekor anjing yang tampaknya melakukan operasi di matanya. Setelah prosedur, matanya terlihat lebih besar. Fitur ini paling banyak disukai pemilik hewan.

"Operasi plastik untuk hewan peliharaan di masa lalu adalah untuk alasan medis, tapi hasilnya juga membuat anjing lebih tampan, dan kini pelanggan bisa mendapatkan operasi plastik untuk alasan kosmetik pada anjing mereka," kata salah satu dokter yang tak mau disebutkan namanya.

Beberapa dokter percaya operasi ini aman dari segi medis dan etis. Mereka mengatakan itu merupakan hak pemilik untuk membuat hewan peliharaannya terlihat cantik.

Pecinta hewan di Korea Selatan mulai mengkhawatirkan tren ini. Mereka berpendapat manusia tidak punya hak memaksakan keinginan keindahan pada hewan tak berdaya.

Majalah dokter hewan Korea harian Vet melakukan survei dan menemukan 63 persen pemilik hewan peliharaan menginginkan dilarangnya operasi plastik untuk anjing. Kebanyakan dari mereka mengekspresikan rasa jijik mereka di media sosial.

"Apakah anjing mengatakan mereka ingin operasi plastik?" tanya seorang netizen. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini