Sukses

Para Seniman Rentan Idap Skizofrenia?

Apa benar, orang-orang yang berkecimpung di dunia seni peran atau apa pun jenis seni itu rentan mengalami Skizofrenia?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tokoh masyarakat dunia secara terbuka mengaku mengidap gangguan jiwa seperti Skizofrenia. Ambil contoh misalnya musisi jazz Tom Harell, Pemenang Nobel di bidang Matematika John Nash, Albert Einstein, anggota band Pink Floyd Syd Barrett, pemain drama Antoin Artaud, Penari Rusia Vaclav Nijinsky, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, kondisi itu tidak menghalangi mereka untuk terus berkarya. Namun, apa benar, orang-orang yang berkecimpung di dunia seni peran atau apa pun jenis seni itu rentan mengalami Skizofrenia?

Psikiater dari RSCM Kencana dr Agung Kusumawardhani, SpKJ(K) mengatakan, dia sendiri belum pernah mendengar atau membaca satu penelitian khusus yang meneliti adanya hubungan khusus antara Skizofrenia dengan orang yang berkecimpung di dunia seni atau memiliki bakat seni.

"Tetapi kalau kita lihat, ada beberapa hasil seni seperti lukisan abstrak yang sulit diterjemahkan oleh orang awam. Apakah itu tandanya, saya sendiri belum bisa menjelaskannya," kata Agung di Jakarta, Senin (28/9/2015).

Ada juga beberapa hasil seni yang sulit diungkapkan dengan gambar, juga sulit di mengerti jika diucapkan oleh si pelukisnya. "Saya sendiri belum tahu persis," kata Agung menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.