Sukses

Protein dari Daging Merah Bisa Sehatkan Jantung

Studi menemukan individu yang mengonsumsi lebih banyak protein dari hewani dibandingkan protein nabati, memiliki tekanan darah lebih rendah.

Liputan6.com, Jakarta Masih ragu apakah mengonsumsi daging merah aman untuk kesehatan Anda?  Tak perlu ragu karena penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan, mengonsumsi protein hewani bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda!

Studi menemukan individu yang mengonsumsi lebih banyak protein yang bersumber dari hewani dibandingkan protein nabati, memiliki tekanan darah lebih rendah dan pembuluh arteri yang lebih sehat dibandingkan yang lebih sedikit mengonsumsi protein.

Peneliti melacak manfaat yang berimbas pada meningkatnya kesehatan jantung dikarenakan faktor asam amino. Tubuh kita tak bisa menghasilkan asam amino sendiri, karenanya tubuh memerlukan asupan makanan kayak protein seperti produk olahan susu, ikan, gandum murni, dan legume (sejenis kacang-kacangan). Studi terdahulu menunjukkan bahwa mengonsumi lebih banyak asam amino dapat menurunkan tekanan darah.

Namun dalam studi ini, para peneliti di University of East Anglia, Inggris ingin memastikan asam amino mana yang paling menguntungkan bagi kesehatan jantung, yang berasal dari hewani atau dari nabati. Mereka pun hanya fokus pada tujuh jenis asam amino, tiga di antaranya hanya ditemukan pada hewan. Mereka kemudian meneliti tekanan darah dan kekakuan arteri dari 1900 wanita dan menemukan individu yang secara umum mengonsumsi lebih banyak protein (sekitar 89 gram per hari) secara signifikan memiliki tekanan darah lebih rendah.

Bahkan fakta yang paling mengejutkan, peneliti mendapati hanya asam amino yang berasal dari protein hewani lah yang dikaitkan dengan rendahnya tingkat kekakuan arteri, faktor utama penyebab serangan jantrung dan stroke. Peningkatan kesehatan pembuluh arteri pada wanita yang mengonsumsi asam amino paling banyak setara dengan manfaat jika Anda berhenti merokok.

Anda bisa mendapat manfaat asam amino yang diperlukan untuk kesehatan pembuluh arteri dengan mengonsumsi 2,5 ons steak; 3,5 ons salmon, atau 0,47 liter susu setiap hari, jelas peneliti.

Meski demikian, sebaiknya Anda jangan lantas mengabaikan protein nabati yang didapat dari gandum utuh, kacang-kacangan, kedelai, dan kacang hitam. Wanita yang mengonsumsi protein dari semua sumber memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Lagipula protein nabati ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang juga diperlukan tubuh.

Kesimpulannya, meningkatkan asupan protein dan memastikan mendapat asam amino yang berasal dari protein hewani bisa jadi cara termudah untuk menjaga kesehatan jantung, dilansir dari laman Prevention, Kamis (24/9/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini