Sukses

Kebiasaan Minum Susu Botol Bisa Rusak Gigi Anak

Kesalahan pemberian susu botol pada anak bukan hanya dapat merusak gigi, tapi juga mengganggu pertumbuhan giginya.

Liputan6.com, Jakarta Kesalahan pemberian susu botol pada anak bukan hanya dapat merusak gigi, tapi juga mengganggu pertumbuhan giginya. Mula-mula pertumbuhan rahangnya terganggu, kemudian sisa makanan menyangkut dan tumbuh lubang gigi.

Begitu disampaikan Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar drg Kartini Rustandi, M.Kes saat temu media di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

"Sebenarnya saat usia anak 6 bulan, dia tidak perlu minum susu botol. Anjuran ASI ekslusif ditambah dengan makanan pendamping ASI, akan melatih otot gigi anak," katanya.

Bila orangtua rajin, kata Kartini, sebaiknya anak disuapi susu menggunakan sendok. Semakin lama, anak akan terbiasa dan minum menggunakan gelas.

"Susu botol atau empeng akan menyebabkan karies kecil yang merusak gigi. Tujuan kita jangan sampai gigi rusak," ujarnya.

Setelah minum susu, tambah Kartini, jangan lupa untuk membersihkan gigi anak menggunakan kain kasa steril untuk mencegah pertumbuhan jamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.