Sukses

Nyeri Pinggang Paling Sering Dikeluhkan Warga Jakarta

Kasus terbanyak yang dialami masyarakat adalah nyeri pinggang.

Liputan6.com, Jakarta Nyeri merupakan keluhan tersering seseorang saat datang berobat ke dokter. Menurut data dari Institute of Medicine of The National Academies, ada 100 juta penduduk Amerika Serikat yang mengalami nyeri setiap tahunnya.

Angka ini jauh melampaui jumlah penderita diabetes, penyakit jantung koroner, dan kanker dijadikan satu (kurang lebih 61 juta penderita per tahun).

Meski di Indonesia belum ada data pasti mengenai nyeri, namun menurut pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS mengatakan, kasus terbanyak yang dialami masyarakat yang datang ke tempatnya adalah nyeri pinggang.

"Nyeri pinggang merupakan kasus nyeri tersering dialami. Keluhan ini paling sering dijumpai setelah sakit kepala," katanya, ditulis Senin (14/9/2015).

Mahdian menerangkan, 80 persen orang dewasa akan mengalaminya, 90 persen akan membaik dalam 6 minggu, 5 persen akan membaik dalam 3 bulan dan 5 persen perlu pengobatan intensif.

"Masalahnya, jumlah ini akan meningkat seiring meningkatnya usia. Apalagi 1 persen nyeri menjalar ke kaki atau tangan dan 1-3 persen terjadi penekanan saraf oleh bantalan tulang," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini