Sukses

10 Tahun Wanita Ini Tak Sadar Idap Tumor Sebesar Payudara

Lebih dari satu dekade, sebuah klinik di Dublin tak menyadari pertumbuhan tumor di punggung wanita ini.

Liputan6.com, Dublin Lebih dari satu dekade, sebuah klinik di Dublin tak menyadari pertumbuhan tumor di punggung wanita ini. Menurut wanita berusia 46 tahun tersebut, dokter telah melakukan scan MRI dan biopsi namun tidak menemukan tanda-tanda kanker.

Dailymail, Kamis (10/9/2015) melaporkan, tumor mulai berkembang pesat dalam tiga tahun terakhir. Kini besarnya mencapai 19 cm dengan lebar 6,7 cm.

"Ini adalah tumor jinak yang terdiri dari sel-sel lemak, yang dikenal sebagai lipoma. Pertumbuhannya tidak biasa dan kebanyakan pasien akan melakukan operasi untuk alasan kosmetik," kata Dr Tunde Abdulsalam.

Menurut dokter, limpoma dalam beberapa kasus dapat menyebabkan peningkatan Indeks Massa Tubuh dan besarnya cenderung stabil serta tidak memengaruhi fungsi tubuh.

"Pertumbuhan ini dapat menunjukkan tumor adalah kanker," ungkap Tunde.

Lipoma, kata dia, dapat terjadi pada setiap bagian dari tubuh, tetapi sering terjadi pada batang tubuh dan lengan. Kasus ini sering terjadi pada orang berusia 40 sampai 60 tahun dan dapat hilang dengan operasi atau sedot lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini