Sukses

5 Penyebab Anak Mendengkur Saat Tidur

Inilah penyebab anak mendengkur saat tidur

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak juga bisa mendengkur saat mereka tidur di malam hari. Meski 20 persen anak yang mendengkur tidak mengarah kepada kesehatan yang serius, tapi orangtua patut waspada. Profesional medis di London mengungkapkan, gangguan tidur seperti mendengkur juga dapat memengaruhi pertumbuhan dan emosional seorang anak, dan juga perkembangan fisik mereka.

Beberapa penyebab anak mendengkur saat tidur karena masalah pernapasan atau masalah tidur. Jika anak memiliki masalah pernapasan, segera konsultasikan ke dokter. Sebab, mendengkur dapat terjadi karena aliran udara ditiup melalui mulut dan hidung.

Berikut penyebab seorang anak tidur mendengkur seperti dikutip dari situs Boldsky pada Minggu (23/8/2015):

1. Hidung yang bengkak

Anak dengan hidung yang bengkak mengalami kesulitan dalam bernapas. Hal ini dapat terjadi ketika anak memiliki alergi. Gejala-gejalanya adalah anak bernapas melalui mulut.

2. Obesitas

Obesitas juga berhubungan erat dengan kondisi seperti ini. Terlebih jika terjadi peningkatan lemak di sekitar leher. Penelitian baru menemukan, obesitas memengaruhi lajut mendengkur seorang anak. Anak obesitas merupakan masalah kesehatan yang serius saat ini.

3. Gangguan pernapasan

Mendengkur pada anak juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan pernapasan. Anak-anak dengan asma pasti akan mendengkur. Bisa juga anak yang sering mendengkur karena dia memiliki alergi, asma, infeksi tenggorokan atau telinga. Konsultasikan dengan dokter untuk perawatan yang lebih baik.

4. Kongesti sengat

Ini adalah salah satu penyebab mendengkur pada anak. Hidung yang tersumbat dapat disebabkan oleh alergi, sinusitis kronis, atau infeksi virus. Anak-anak dengan masalah ini mencoba bernapas melalui hidung.

5. Amandel yang membesar

Amandel yang membesar menyebabkan anak kesulitan dalam bernapas. Orangtua harus berhati-hati ketika anak Anda memiliki amandel dan kesulitan bernapasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini