Sukses

Tak Bisa Gulung Lidah itu Faktor Genetik?

Dalam hal ini, tak ada faktor tunggal.

Liputan6.com, New York Coba julurkan lidah kemudian dekatkan ujung lidah kanan dan kiri hingga berbentuk lingkaran? Jika bisa, selamat tapi jika tidak apakah hal ini diturunkan orangtua?

Tidak ada peneliti yang benar-benar tahu apa penyebab ada orang yang bisa menggulung dan tidak. Beberapa ahli menyatakan ini bukan disebabkan faktor keturunan.

"Tidak mungkin secara ekstrim mengatakan hal tersebut karena faktor genetik. Itu adalab perilaku yang kompleks," terang asisten profesor di Universiyt of Southern California, Khalil Iskarous kepada Huffington Post, Jumat (21/8/2015).

Namun pada tahun 1940-an, ada penjelasan kemampuan menggulung lidah karena genetik. Pada studi tahun 1952 pada anak kembar, ternyata tak semua bisa melakukannya.

"Ini berarti kemampuan menggulung lidah bukan genetik," terang profesor ilmu biologi di University of Delaware, John McDonald.

John mengungkapkan kemampuan untuk menggulungkan lidah serta perilaku manusia ditentutkan oleh banyak hal mulai dari gen hingga lingkungan.

Bisa jadi gen memiliki kemampuan untuk memengaruhi hal ini, tapi ini bukan satu-satunya hal utama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.