Sukses

Hasil USG 4 Dimensi Ini Menyeramkan

Apa jadinya, bila hasil USG 4D ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan malah terkesan menyeramkan?

Liputan6.com, Jakarta Mengumpulkan hasil foto USG 4 dimensi memang tidak ada salahnya. Tapi apa jadinya, bila ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan malah terkesan menyeramkan?

Seperti yang dialami pemilik akun Reddit itsallrelative. Maksud hati ingin membuat album khusus USG anaknya, pasangan ini malah terkejut karena melihat janin dengan paras menakutkan.

"Saya mengantar istri untuk melakukan USG 4 dimensi, tapi yang terjadi kami melihat gambar makhluk kecil dengan tatapan sinis. Ditambah dengan wajah bayi dengan kualitas gambar tidak baik," katanya. Dan dalam waktu kurang dari 24 jam, foto ini sempat membuat kaget netizen.

Redditor Alan Jameson berkomentar, kekasihnya hamil dan mereka tidak ingin melakukan USG karena Anda bisa menyesal.

Komentar lain muncul, "saya benar-benar takut saat melihat foto tersebut."

Sebelumnya, Spesialis Aplikasi Ultrasound Philips Healthcare, Windri Astuti sempat mengatakan, pemeriksaan USG 4D tidak begitu diperlukan.

"Cukup kok dengan 2 dimensi karena USG itu tujuannya untuk mengetahui ada kelainan anatomi atau tidak, mungkin banyak yang memilih 4 dimensi karena mereka ingin lebih jelas dan detail tentang bayi mereka. Kalau memang ingin 4 dimensi biasanya dokter menyarankan saat usia kandungan sudah tujuh bulan lebih kelihatan," kata Windri menjelaskan.

Senada, Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Bunda, dr. Ivan R. Sini pun mengatakan demikian. "Dengan 2 dimensi saja cukup, tidak perlu sampai 4 dimensi. Bedanya hanya teknologi dan detailnya saja. Ibaratnya kalau menonton televisi biasanya hanya dengan layar kecil kemudian diganti dengan TV plasma ya begitu rasanya."

"USG sendiri bertujuan untuk mengetahui detak jantung, kelainan anatomi dan letak bayi untuk memudahkan proses persalinan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini