Sukses

Anak Autisme Cenderung Kreatif

Anak autis ternyata dapat menghasilkan ide-ide luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para psikolog dari University of East Anglia (UEA) dan University of Stirling menemukan, anak dengan autisme ternyata dapat menghasilkan ide-ide luar biasa. Tingkat kreativitas mereka bahkan dipuji karena begitu asli. 

Rekan penulis studi Dr Martin Doherty dari Universitas Norfolk mengatakan, anak autisme juga menghasilkan karya berkualitas yang dapat menjadi solusi sebuah masalah.

"Mereka memiliki potensi yang dapat dikembangkan dan implikasi positif bagi pemecahan masalah secara kreatif," katanya, seperti diberitakan Times of India, Minggu (16/8/2015).

Ini adalah studi pertama yang menemukan ciri-ciri autisme dan proses berpikir kreatif. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Autism and Developmental Disorders ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang menunjukkan beberapa sifat yang berhubungan dengan autisme dan kreativitas.

Para peneliti menganalisis data dari 312 anak penyandang autis dan mereka diminta menyelesaikan kuesioner secara online anonim untuk mengukur tingkat autis dan ikut dalam serangkaian tes kreativitas.

Hasilnya, cukup mengejutkan. Mereka memiliki kreativitas dengan cara yang berbeda. Di antaranya bahkan mampu menciptakan ide-ide yang khas.

"Dengan kata lain, kemampuan otak dalam menghasilkan ide-ide kretif begitu utuh atau superior," ungkapnya

Beberapa orang terkenal dengan autisme pun disebutkan, seperti artis arsitektur Inggris Stephen Wiltshire dan penulis sekaligus aktivis Temple Grandin, yang luar biasa kreatif.

Temuan ini diharapkan dapat mendorong para peneliti memahami lebih lanjut tentang bagaimana otak orang autisme dan bagaimana mereka beradaptasi untuk memecahkan masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini