Sukses

RS Pertamedika Sukses Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Rumah Sakit Pertamedika Sentul City bekerjasama dengan ULTIMO sukses menggelar bakti sosial Operasi Bibir Sumbing dan langit–langit gratis

Liputan6.com, Bogor Rumah Sakit Pertamedika Sentul City bekerjasama dengan ULTIMO (Aesthetic and Dental Center) sukses menggelar bakti sosial Operasi Bibir Sumbing dan langit–langit gratis pada Minggu (02/08).

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur RS Pertamedika Sentul City, dr. Kamelia Faisal, MARS, Direktur Ultimo, dr. Enrina,SpBP serta dr.Agus Fauji perwakilan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Kelainan Bibir Sumbing dan Langit-langit ini jumlahnya cukup banyak di Indonesia dan Kota Bogor. Kelainan kongenital ini terjadi karena kekurangan nutrisi saat ibu hamil, kelainan genetika, tidak cukup masa hamil dan lain-lain. Masalahnya, anak akan mengalami gangguan fungsi bicara serta mempengaruhi estetika wajah dan kualitas hidup anak, seperti sering tersedak saat minum.

Para penderita bibir sumbing ini dijaring dari masyarakat kurang mampu, melalui pendaftaran dan tanpa membawa persyaratan tertentu. Penderita hanya melakukan screening untuk menentukan apakah dapat dilakukan tindakan operasi atau tidak.

Syaratnya juga cukup mudah. Penderita berusia minimal 10 minggu atau berat badan 5 kg dan dalam kondisi sehat. Dan melakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter spesialis anak, pemeriksaan laboratorium dan radiologi. Tidak perlu menyerahkan surat keterangan keluarga tidak mampu atau surat rujukan dari puskesmas.

RS Pertamedika Sentul City dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor akhirnya berhasil menjaring 30 penderita Bibir Sumbing dan Langit langit. Setelah dilakukan operasi, RSPSC pun menyediakan ruang perawatan untuk observasi pascaoperasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.